Selasa, 05 Januari 2010

Percobaan sederhana: Membuat kapasitor


PERINGATAN: MEMBUAT KAPASITOR INI SANGAT BERBAHAYA DAN DAPAT MENYETRUM ORANG. BUATLAH DENGAN BIMBINGAN ORANG YANG AHLI ELEKTRONIKA

Waduh, mulai-mulai uda gede-gede dan item-item tulisannya. Memang ini sangat berbahaya, jadi buatlah didalam bimbingan professional :)

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada _Sean_ karena saya belajar ini dari dia via Instructables.com. http://www.instructables.com/id/DIY-Capacitor/

Kapasitor ini dibuat dari beberapa peralatan rumah, yaitu:

1. Sekrup yang panjang

2. Aluminium foil (Kertas aluminium)

3. Botol minuman 2L

4. Air panas dan garam

5. Lem listrik

Pertama, masukkanlah sekrup kedalam tutup botol itu. Lalu, ambil aluminium foil dan letakkan di badan botol itu (tempat label minuman). Lem dengan lem listrik (supaya tidak kesetrum).

Langkah terakhir adalah menuangkan air panas dan tambahkan garam. Tutup botol itu dan coba menghubungkan baterai dengan kapasitor (cas). Kutub positif ke sekrup dan kutub negatif ke aluminium foil sekitar 5 menit. Lalu coba sambungkan kepada LED atau beban kecil. Maka beban itu akan menyala. Selamat mencoba.

Kapasitor adalah satu komponen yang sering diapaki di rangkaian elektronika (setelah resistor). Kapasitor awalnya adalah perkembangan dari guci Leyden yang ditemukan oleh Pieter van Musschenbroek di Leyden, Belanda pada tahun 1745.

Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan energi listrik sementara. Cara kerja resistor adalah dua keping konduktor yang diletakkan tetapi dipisah oleh suatu isolator. Ketika ada listrik yang melalui dua konduktor itu, akan terjadi penyimpanan listrik di isolator itu.

Ada banyak jenis kapasitor. Yang paling umum digunakan dan mungkin ada didekat anda adalah kapasitor di lampu TL. Di lampu TL, ada kapasitor (yang dikenal dengan starter). Tetapi yang umum digunakan adalah kapasitor elektrolitik dan kapasitor keramik.


3 komentar:

  1. botolnya harus kaca atau bisa pakai botol plastik biasa?

    BalasHapus
  2. Ilustrasi belum/kurang jelas.
    Hal ini bisa gagal dalam percobaan dan atau berbahaya.

    BalasHapus